Posted on : 02 Agustus 2019 | keategori : PREWEDDING PHOTOGRAPHY | dibaca 336 kali

Sosial media Instagram adalah jaringan sosial yang sangat penting dan bermanfaat, selain memiliki manfaat untuk membagikan foto kini Instagram dapat difungsikan sebagai alat untuk membangun sebuah brand. Anda bisa menggunakan Instagram secara serius sehingga mampu membuka kesempatan bagi berkembangnya brand bisnis anda karena Instagram mampu meningkatkan engagement follower jika dibandingkan dengan facebook dan twitter. Lalu langkah apa saja yang harus anda lakukan untuk memulainya?

Membuat Strategi Instagram

Hal awal yang anda lakukan adalah melakukan beberapa penelitian, seperti menggunakan akun pribadi anda untuk melihat contoh bisnis yang menggunakan Instagram dan brand lain dalam industry, dengan demikian anda bisa mempelajari brand dan mencari inspirasi dalam penggunaan Instagram.

Jika anda sudah mulai terbiasa menggunakan aplikasi tersebut dan merasa siap untuk membangun strategi Instagram, maka anda sudah memasuki tahap perencanaan pemasaran melalui jaringan sosial media tersebut. Ada beberapa hal yang harus anda terapkan untuk menetapkan tujuan penggunaan Instagram bagi bisnis anda, diantaranya:

  • Meningkatkan penjualan produk
  • Memperluas pengenalan brand
  • Mempolulerkan hastag brand
  • Meningkatkan traffic ke website anda

Setelah anda mengindentifikasi tujuan, selanjutnya membuat sebuah strategi konten, diantaranya:

  • Menentukan tema untuk konten
  • Menjadwalkan postingan
  • Memilih hari untuk memposting
  • Menetapkan calendar konten

hal penting untuk menjadwalkan postingan adalah untuk menghindari rasa bosan dari para followers anda, lebih baik anda menjadwalkan seperti contoh dalam sehari anda memposting satu hingga tiga konten. Melakukan pengujian postingan pada interval dan waktu berbeda bisa menentukan mana yang terbaik bagi bisnis Anda. Sekali lagi, hal ini tergantung pada follower Anda dan timeline feed.

Untuk lebih terorganisir, buatlah kalender konten yang akan mengingatkan admin untuk melakukan posting dan apa konten yang akan diposting.

Membangun Brand Instagram Anda

Media sosial Instagram adalah berbasis visual oleh karenanya anda harus membangun identitas brand yang saling berhubungan dan mudah di kenali.

Pertama pertimbangkan gaya visual yang diinginkan, dengan memilih satu beberapa filter yang akan digunakan seterusnya, dengan demikian anda memiliki warna dan gaya yang mudah dikenali oleh followers.

Selanjutnya anda menentukan konten seperti apa yang akan anda fokuskan, sebagai contoh anda memilih bisnis baju maka yang harus anda tampilkan adalah foto-foto dari produk baju tersebut. Jika anda memilih berbisnis pada restoran maka yang harus anda tampilkan adalah foto-foto makanan.

Selain menonjolkan pada visul ada hal lain yang bisa anda manfaatkan, yakni caption atau hashtag, menuliskan hashtag yang berkaitan dengan bisnis anda maka memudahkan followers untuk menemukan apa yang sedang mereka cari dan dapat mendorong mereka untuk menemukan brand anda.

Memulai Aplikasi Instagram

Setelah selesai mendaftarkan bisnis anda pada media sosial Instagram, selanjutnya adalah mengisi profil dengan keterangan yang lengkap dengan menggunakan foto dan Bahasa secara professional.

Informasi yang bisa anda cantumkan adalah alamat website dengan memberi keterangan mengenai bisnis anda, tuliskan keterangan bio tetap sederhana namun jelas. Hindari untuk menuliskan kalimat yang terkesan berlebihan.

Mencantumkan foto profile sesuai dengan bisnis anda, bisa dengan membuat logo khusus untuk memudahkan para followers menemukan akun anda.

Salah satu aspek yang sering diabaikan ketika melakukan setting profil sebuah akun adalah notifikasi. Jika seseorang meng-tag brand Anda dalam sebuah foto, Anda bisa menyampaikan terima kasih misalnya dengan memberikan komentar balik.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah memfollow orang lain. Carilah influencer, klien dan juga beberapa pengguna yang sesuai dengan industri Anda dan bisa membantu peningkatan jumlah follower.

Jangan lupa temukan hashtag dan masukkan link atau alamat akun Instagram Anda pada platform lainnya sehingga akan ada semakin banyak orang yang bisa melihat akun tersebut.

Mulai Memposting

Setelah akun Instagram Anda siap, mulailah memposting foto dengan kualitas tinggi dan sesuai dengan karakter brand Anda. Posting konten sesuai dengan jadwal pada kalender yang telah dibuat sebelumnya.

Jangan lupa untuk cross-posting foto pada Instagram Anda dengan platform lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan Foursquare. Langkah ini membantu akun Anda untuk semakin berkembang karena bisa terlihat oleh follower di platform lainnya

Jika Anda berada pada industri ritel yang memiliki lokasi fisik, pastikan Anda memberikan keterangan lokasi yang memudahkan follower atau pengguna ketika mencari Anda. Dalam hal engagement, coba untuk sebisa mungkin membalas komentar atau pertanyaan follower.

Beberapa praktik Instagram yang bisa Anda gunakan untuk memajukan bisnis Anda :

Kualitas unik pada brand adalah faktor terpenting untuk mendapatkan popularitas. Pelajari follower Anda dan bangun brand Instagram yang malayani kepentingan dan harapan mereka.

Ceritakan kisah pada caption foto Anda. Caption memungkinkan Anda untuk ‘memperluas’ foto atau gambar, memberikannya konteks dan bahkan bisa menghibur follower Anda.

Manfaatkan Instagram sebagai sarana untuk membuat sebuah event, misalnya perlombaan. Ajak follower dan pengguna untuk berpartisipasi dalam event dengan cara memberikan komentar, memposting foto, mention ke pengguna lain dan sebagainya. Dengan demikian banyak pengguna yang merasa akan mendapatkan manfaat jika mem-follow akun Anda.

Coba untuk bekolaborasi dengan artis Instagram atau para influencer yang sesuai dengan industri Anda. Berikan mereka keleluasaan untuk “mengontrol” akun Anda dalam jangka waktu tertentu atau minta untuk memberikan komentar mengenai akun Anda. Hal ini bisa membawa Anda ke komunitas yang lebih besar.

Manfaatkan fitur layanan iklan dari Instagram dimana saat ini hasil menunjukkan pada lebih dari 475 kampanye global, iklan yang disponsori oleh Instagram 2,9 kali lebih optimal dibandingkan lainnya.

Beberapa tips sederhana diatas adalah hal yang bisa anda pelajari dan pahami, semakian apapun bisnis anda tidak perlu takut untuk memulainya, selamat mencoba.

Sumber :

https://blog.hootsuite.com/how-to-use-instagram-for-business/

Komentar 0

Komentar