Posted on : 07 Juli 2019 | keategori : WEDDING PHOTOGRAPHY | dibaca 59 kali

Dekorasi Pernikahan

Menikah dengan orang yang dicintai adalah dambaan setiap orang yang ada di dunia ini. Menemukan seseorang yang bisa mengerti dirinya dan bisa menjalani hidup selamanya dengan orang yang dicintai. Menikah memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan setiap orang, butuh kesiapan mental dan biaya yang sesuai.

Pernikahan diharapkan menjadi suatu acara sekali seumur hidup. Maka dari itu banyak orang yang rela mempersiapkan dengan matang dan sungguh-sungguh mengenai pernikahannya. Mulai dari acara resepsi, mas kawin, undangan, acara akad nikah, seserahan, sekaligus dekorasi.

Dekorasi adalah hal penting dalam sebuah upacara pernikahan karena semua keluarga dan tamu berkumpul untuk menyaksikan berlangsungnya acara sakral tersebut, dekorasi pernikahan ada banyak macamnya, diantaranya:

Adat Jawa

Konsep pernikahan adat  jawa memiliki ciri khas yaitu dengan adanya penyekat ruangan atau biasa disebut gebyok yang menjadi certerpiece di pelaminan. Gebyok ini pada dasarnya menggunakan kayu asli. Dengan adanya ornamen kayu asli akan  menampilkan kesan klasik dan kuat.

Adat Sunda

Untuk pernikahan adat sunda biasanya pelaminan akan identik dengan bambu. Seperti gapura, pilar bunga, meja hingga kursi pelaminan biasanya terbuat dari bambu. Selain itu akan ada bunga melati yang dibiarkan  menjuntai seperti tirai serta bunga sedap malam yang berada di bagian atap akan  menjadi pemandangan  khas di pelaminan  pernikahan  adat sunda.

Adat Batak

Untuk pernikahan adat batak sendiri, konsep yang diusung biasanya berupa desain rumah tradisional di pelaminan. Selain itu adanya gorga bermotif garis geografis, pakis, rotan berduri, hiasan bermotif cicak dan singa akan menjadi khas pernikahan ada batak. Warna-warna yang biasa dipakai untuk tema ini adalah merah, hitam dan putih.

Rustic
Banyak  para  pasangan  pengantin yang  mengusung  tema  rustic, karena tema tersebut dapat  memberi  kesan  yang  hangat  bagi  pesta pernikahan mereka. Untuk menciptakan tema  rustic,  Si Rustic juga mengusung warna-warna pastel serta motif-motif bunga dalam dekorasinya.  Hanya  saja  Rustic  lebih  condong  ke  konsep country,  vintage dan juga unsur-unsur kayu. Tema Rustic ini sebenarnya terlihat lebih kalem

Garden
Dari sekian  banyak  pasangan  yang  menyelenggarakan  pesta pernikahan mereka di ruangan  terbuka,  tema  garden-lah  yang  paling  banyak  dipilih  dan  menjadi  favorit. Tidak  hanya  di ruangan  terbuka,  Anda  juga  bisa  membawa  nuansa  taman  yang  hijau dan  romantis  dengan  dekorasi  pepohonan  dan  hiasan  bunga-bunga  ke dalam  tempat resepsi  Anda  di  ruangan  tertutup  dan menyulap ballroom  Anda  menjadi  taman atau bahkan  hutan yang magical dan mengagumkan.

Glamour

Dekorasi  yang  mengusung  konsep  mewah  tidak  akan  jauh  dari  yang  namanya gemerlap.  Pernikahan  dengan  konsep ini biasanya akan penuh dengan hal-hal mewah dan gemerlap. Mulai dari display setiap ornamen  utama  dalam  gedung hingga  penampilan tamu  yang  tentu  saja  tidak  jauh  dari  kesan  mewah.  Warna-warna yang diusung adalah putih, silver, dan gold. Biasanya orang-orang yang tinggal di perkotaan akan condong pada konsep ini. Karena dekorasi pernikahan glamor sendiri membutuhkan ruangan yang luas serta budget yang cukup besar.

Minimalis

Tema minimalis mungkin dapat dikatakan sebagai tema dekorasi pernikahan dengan budget terendah. Hal ini dikarenakan tema ini hanya membutuhkan kursi untuk pengantin dan juga kursi untuk para pendamping. Tiang-tiang serta background yang digunakan juga dihias secukupnya. Biasanya tema ini digunakan jika acara pernikahan dilakukan di rumah dan tidak cukup luasnya ruang yang akan digunakan untuk acara.

Out Door

Tema ini dapat dengan mudah diaplikasikan pada rumah yang memiliki taman luas, tetapi saat ini kita bisa dengan mudah menemukan taman-taman hotel atau villa yang digunakan sebagai tempat pernikahan outdoor. Tema taman atau outdoor biasanya dihindari saat musim dingin atau musim hujan.

Islami

Untuk tema pernikahan islami biasanya akan diambil unsur-unsur yang terdapat pada pernikahan Negara-negara islam seperti Arab ataupun Pakistan. Ornamen-ornamen khas seperti adanya tirai panjang yang digunakan sebagai background pelaminan. Untuk tirai ini bisa diaplikasikan hanya dengan satu warna atau dua warna. Dalam tema pernikahan islam bunga juga menjadi item yang wajib ada. Biasanya bunga dengan warna kuning, putih, hijau, pink, merah, marun, atau ungu lebih sering dipakai. Selain itu pohon yang dikeringkan juga sering digunakan sebagai ornamen penghias dalam tema ini.

berikut adalah sebagian dari sekian banyak dekorasi yang ada di Indonesia, sebenarnya dekorasi pernikahan ada banyak sekali macamnya karena indonesia memiliki banyak budaya, jadi dekorasi seperti apa yang menjadi impianmu untuk tema pernikahanmu nanti?

Komentar 0

Komentar