Posted on : 11 Maret 2021 | keategori : LOKASI KEREN UNTUK PREWEDDING | dibaca 902 kali

Beberapa daerah di Yogyakarta dikenal memiliki situs bersejarah yang menarik. Salah satu daerah yang banyak memiliki bangunan kuno bersejarah adalah Kotagede. Di wilayah yang menjadi pusat kerajaan Mataram ini, terdapat banyak bangunan tua megah yang cantik untuk dijadikan background foto prewedding bersama pasangan. Beberapa spot yang menarik untuk dikunjungi antara lain Pasar Kotagede, Masjid Kotagede, kompleks makam pendiri kerajaan, rumah-rumah bergaya tradisional, Kedhaton, hingga reruntuhan benteng.

Kotagede adalah sebuah kecamatan di Yogyakarta. Selain terkenal dengan sebutan pusat kerajinan dan cincin perak Yogyakarta,Kotagede juga salah satu kota tua di Jogja yang memiliki julukan sebagai tempat dengan sejuta pintu. Hal ini dikarenakan wilayah Kotagede memiliki banyak gang-gang kecil dengan bangunan serta pintu-pintu tua yang menyertainya.

Berikut beberapa spot foto yang bisa dijadikan referensi foto Prewedding di Kotagede, Yogyakarta :

Lorong Sempit Pemukiman

Pemburu foto vintage wajib datang dan berfoto di Lorong-lorong permukiman warga. Di bagian dalam permukiman akan banyak ditemukan bangunan tua yang sangat instagrammable. Di sini wisatawan juga bisa melihat kehidupan masyarakat secara lebih dekat.

Tembok Ijo

Tembok dalam Bahasa Jawa artinya dinding, sedangkan ijo berarti hijau. Nah, Tembok Ijo Kotagede ini warna hijaunya berasal dari dedaunan rimbun tanaman merambat yang menutupi temboknya. Tembok ini sebenarnya merupakan bagian dari salah satu bangunan rumah warga.

Masjid Gedhe Mataram

Salah satu masjid tertua di Jogja ini dari luar tampak seperti pura. Namun jika masuk ke dalam kamu akan melihat sebuah masjid dengan arsitektur joglo yang mengesankan. Kesan tua dan klasik menjadi ciri khas yang terlihat jelas dari masjid ini. Tidak jauh dari lokasi masjid terdapat Makam Panembahan Senopati Sutawijaya yang merupakan pendiri dari Masjid Gedhe Mataram.

Rumah Persik

Rumah Pesik merupakan bangunan tua yang instagrammable juga, rumah besar dengan cat warna hijau terang ini tentu mudah menarik perhatian.

Masjid Perak

Arsitektur masjid ini begitu cantik dengan gaya Mediterania dan di dominasi warna putih. Konon, masjid ini didirikan berkat sumbangsih pengrajin dan penjual perak di Kotagede.

Langar Dhuwur Jagalan

Sebagai pusat peradaban kerajaan Mataran Islam, banyak bangunan di Kotagede memiliki latar belakang corak Islam. Salah satunya musala yang diberi nama langgar Dhuwur, yang berarti musala yang tinggi. Di karenakan musala tersebut berada di lantai dua. Untuk pemburu foto vintage wajib menjadikan tempat ini sebagai salah satu objek foto.

Rumah Pocong Sumi

Di antara bangunan-bangunan tua di Kotagede, terdapatlah suatu rumah megah tua dan tidak berpenghuni. Rumah ini memiliki gaya Eropa yang membuatnya tampak berbeda dari rumah lain yang ada di sekitarnya. Sebelum masuk ke area rumah, kamu harus meminta izin dan ditemani oleh juru rawat yang tinggal di sekitar rumah. 

Situs Warungboto

Kalau di Keraton kita bisa mampir ke Taman Sari, ternyata tidak jauh dari Kotagede terdapat sebuah pesanggrahan tempat singgah Sultan Ngayogyakarta. Nama tempatnya adalah Situs Warungboto. Bentuk arsitekturnya mirip seperti Taman Sari, namun dalam versi yang lebih sederhana.

 

Komentar 0

Komentar