Posted on : 04 Maret 2020 | keategori : VIOLET EYES PHOTOGRAPHY | dibaca 316 kali

Saat ini, foto dapat ditemui dengan mudah dan ada dimana-mana.Istilah foto yang saya gunakan ini merujuk pada pengertian yang lebih luas, bukan foto yang saja dihasilkan lewat sebuah kamera.Artinya, selagi ia gambar yang diproses atau dibuat dengan atau tanpa menggunakan kamera, asalkan beberapa elemen didalamnya elemen-elemen subjek, warna dan fungsi yang sama maka ia dapat disebut foto.

Nah untuk anda yang penasaran apa sih manfaat foto dalam kehidupan manusia? Berikut saya sajikan 11 manfaat foto dalam kehidupan. Manfaat apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Sebagai dokumentasi

Dokumentasi adalah sebuah dokumen yang buat dan terdiri dari beberapa elemen, mulai dari teks, struktur, kertas dan juga gambar atau foto. Biasanya, dokumen-dokumen yang menggunakan foto itu terdapat dalam laporan-laporan pertanggungjawaban suatu kegiatan, survey, skripsi dan lain sebagainya. Fungsi dokumentasi juga sangat penting dalam kehidupan, dimana manusia dapat mengabadikan semua hal yang memungkinkan untuk dilihat kembali.

Sementara, dokumentasi bertujuan untuk memberikan laporan pertanggungjawaban terhadap suatu hal, seperti misalnya yang terdapat dalam skripsi, makalah atau laporan pertanggungjawaban lain serupa.

2. Sebagai bukti otentik

Seiring dengan maraknya aplikasi pengeditan foto,  banyak foto rentan di manipulasi. Disisi lain, banyak masyarakat saat ini yang belum bisa memverifikasi apakah suatu foto itu asli atau sudah di edit. Pada fungsi yang satu ini, foto yang asli bisa memberi jawaban yang tidak terbantahkan. Bahkan, lebih jauh lagi, foto bisa menunjukan otentisitas yang tak terbantahkan karena keasliannya.

Foto juga bisa menjadi bukti konkret untuk pada berbagai kasus misalnya tindakan kriminal yang melibatkan individu atau sekelompok orang. Otentisitas sebuah foto hanya dapat dilihat dari tujuan penggunaanya. Apakah untuk membuktikan sebuah foto itu asli atau atau sudah di edit. Apabila foto sudah di edit maka fungsi otentik ini akan hilang secara langsung.

3. Sebagai kenang-kenangan

Pernah gak anda membuka album foto lama keluarga anda atau mungkin secara tidak sengaja pergi ke gudang di belakang rumah lalu mendapati album foto berisikan orang-orang yang sama sekali tidak anda kenal sebelumnya? Dan setelah ditelusuri, ternyata itu adalah kakek atau nenek buyut anda, bersama keluarganya. Semua orang yang ada didalam foto itu mungkin sudah meninggal dunia. Dari sini anda bisa mengetahui silsilah keluarga anda, mengetahui wajah kakek dan nenek buyut anda hingga sepupu jauh anda.

Pada poin ini, foto juga memiliki fungsi kenang-kenangan. Artinya, pada foto kenangan kenangan tersebut anda bisa memahami siapa diri anda dan riwayat keluarga anda.

4. Sebagai motivasi

Fungsi motivasi sangat penting bagi seorang manusia. Manusia juga minimal harus punya satu motivator penting dalam hidup baik orang terdekat atau orang-orang yang dikagumi karena karyanya.

5. Sebagai sumber penghasilan

Tahu gak kalau saat ini foto yang dihasilkan entah itu menggunakan kamera DSLR dan kamera smartphone bisa di jual? Kalau anda gak tahu, coba mainnya kejauhan dikit. Bahkan, ada beberapa platform yang berani membayar 1 buah foto seharga $100 USD. Yang jika rupiahkan pada kurs sekarang sekitar 1,3 juta rupiah. Sudah banyak fotografer yang membuktikan hal ini. Bahkan beberapa karya mereka berhasil dibeli dengan harga yang jauh lebih besar dari harga yang ditetapkan.

Disisi lain, ada juga bisnis yang bergantung sepenuhnya pada foto dan kamera seperti wedding photographer, digital image retoucher, fotografer majalah fashion dan lain sebagainya.

6. Sebagai ungkapan cinta

Dulu, sebelum android dan iOS populer, untuk membuktikan cinta antara dua pasangan maka mereka akan saling memberi dua foto dengan ukuran 2×3 atau lebih. Ungkapan cinta dengan cara ini juga masih populer. Dimana, foto tersebut akan disimpan didalam tas, dompet atau tempat lain yang sering dibawa. Kebiasaan ini pun masih ditemui didalam masyarakat. Bahkan, bukan untuk yang berpasangan saja, tetapi juga untuk mereka yang masih jomblo.

7. Sebagai citra diri

Tahu gak Budaya selfie ini merebak karena apa? Karena kesadaran manusia akan pentingnya citra diri, yang dapat dilihat oleh diri sendiri. Maksudnya gimana ya? Maksudnya adalah, apabila anda memiliki foto diri sendiri, akan akan melihat gambaran diri anda seperti apa.

Apakah cantik, ganteng, mancung, pesek, gigi perises atau persegi empat, muka trapesium atau segi lima dan lain sebagainya. Pada fungsi yang satu ini, foto yang ada akan memiliki dampak psikis yang kuat, dimana bisa memberi tambahan motivasi dan kepercayaan diri atau mungkin membuat minder atau malu. Ini tidak ada yang salah, karena satu-satunya media yang dapat menunjukan citra diri selain cermin, dengan sifatnya yang simetris, adalah foto. Berbeda dengan cermin yang cenderung tetap di satu tempat, foto bisa dibawa kemana-mana, kapan saja dan dimana saja.

Dari sisi kriminologi dan identitas diri, foto juga mengambil peran penting didalamnya. Identitas diri lewat foto bahkan bisa ditemukan lewat KTP, CV, Buku Nikah dan lain sebagainya.

8. Bukti sejarah

Salah satu unsur yang membentuk sejarah adalah foto meski banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Karena selama ini, sejarah hanya dilihat dari unsur manusia saja, yang didalamnya termasuk sisi nasionalisme, patriotisme dan heroisme yang ditunjukkan.

 

Setiap Negara pasti punya foto yang berfungsi sebagai pengingat masa lampau. Di Indonesia sendiri ada banyak foto pengingat semacam ini, seperti foto pidato Soekarno yang dipotret oleh Mendur bersaudara menggunakan kamera Leica.

Pengingat sejarah ini membantu kawula muda untuk paham dan mengerti tentang sejarah bangsanya hanya lewat foto.

9. Sebagai salah satu studi ilmu pengetahuan

Fotografi saat ini tidak saja dianggap sebagai hobi tetapi sebagai sebuah studi ilmiah yang sudah dipelajari di kampus-kampus. Dengan kata lain, fotografi telah menjadi salah satu sumber ilmu pengetahuan yang perannya sangat penting dalam kehidupan manusia. Tujuan pembelajaran fotografi juga tidak sebatas untuk menghasilkan gambar, tetapi juga sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan.

10. Sebagai sumber informasi

Pernah gak anda melihat foto Jerapah, Burung Grizzly, Kanguru atau hewan-hewan lain yang tidak ada ditempat anda tinggal. Lalu, lewat apa anda melihatnya? Tentu saja lewat foto. Karena foto-foto adalah media pertama dan utama yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas. Berkat foto, anda juga bisa mengetahui vuvusuela, terompet tradisional Afrika Selatan atau mungkin karena itulah anda bisa lihat suku Ibadan di Afrika sana.

Dengan demikian, foto telah menjadi salah satu sumber informasi yang sangat penting untuk pengetahuan dan pengenalan manusia atas lingkungannya.

11. Penawar stres

Banyak orang yang melakoni fotografi berdasarkan hobi. Karena itu, tak heran dunia fotografi termasuk salah satu bidang yang perkembangannya sangat cepat. Disisi lain, fotografi juga sangat lekat dalam kehidupan manusia, yang bisa menjadi penawar stres dan depresi yang diderita oleh seseorang.

Misalnya, jika anda sedang cape dengan pekerjaan sehari-hari yang menumpuk dan seolah-olah tak pernah selesai, sesekali anda bisa lakukan refreshing. Salah satu cara refreshing yang bisa anda lakukan adalah dengan foto-foto. Anda bisa hunting di kawasan padat penduduk seperti di perkotaan, pedesaan atau di hutan. Tujuannya untuk mengalihkan perhatian anda dari tumpukan pekerjaan yang dialami sehari-hari, atau untuk mengobati stres.

Komentar 0

Komentar