Posted on : 20 Januari 2020 | keategori : WEDDING PHOTOGRAPHY | dibaca 358 kali

Fotografer pernikahan adalah merupakan pekerjaan fotografi yang rumit dan tersulit di dunia. Alasannya sederhana, tidak ada pengambilan foto pernikahan ulang. Pernikahan ini, dimana anda bertanggung jawab untuk memotretnya, hanya terjadi satu kali. Tidak ada istilah “kamera rusak”, “memory card tidak cukup” atau “baterai flash lupa di-charge”.

Dalam Persiapan pernikahan, dokumentasi menjadi hal yang harus diperhatikan dengan detail. Karena pernikahan adalah momen sepasang pengantin untuk tampil demikian ‘wah’, maka dari itu harus di dokumentasikan. Semua hal-hal menawan yang mengharukan patut untuk dibuat Foto dokumentasi dalam pesta wedding atau pernikahan.

Bagi seorang fotografer ada beberapa check list peralatan wajib yang harus disiapkan sebelum berjuang di medan perang. Kami violet Eyes Photography telah merangkum beberapa tools standart wajib yang dibutuhkan untuk pengambilan foto wedding. Sehingga kita sebagai pemula tidak kebinguangan membuat check list persiapan alat ataupun terkesan membawa peralatan yang sebetulnya tidak telalu dibutuhkan sehingga kita tidak terlalu terbebani dengan peralatan yang terlalu banyak.

Berikut ini  adalah perlengkapan utama untuk pengambilan foto wedding

1. Kamera Utama dan Kamera Cadangan

Setidaknya kita harus menyiapkan dua kamera dengan 1 kamera utama dan 1 kamera cadangan. Sangat penting untuk menyiapkan kamera cadangan, jika terjadi suatu masalah pada kamera utama maka proses foto akan tetap berjalan sesuai jadwal karena kita telah mempersiapkan kamera cadangan.

2. Lensa Zoom Medium Class

Lensa 24-70 f2.8 adalah salah satu pilihan yang pas. Focal Length dari dari lensa ini sangat tepat untuk foto wedding dan foto jursnalistik, menawarkan fitur wide dan persfektif yang tajam.

3.  Lensa Tele

Kita akan membutuhkan lensa yang lebih panjang untuk mengambil gambar dari kejauhan, seperti saat moment ceremonial. Kebanyakan fotografer wedding akan berdiri dari sisi samping atau depan dari stage dan mengambil jarak yang cukup jauh dari panggung utama, dikarenakan agar tidak menghalangi pandangan para undangan dan agar leluasa mengambil gambar dari kejahuan dengan lensa 70-200mm. Lensa tersebut juga bisa digunakan untuk foto close up.

4.  Lensa Wide dan Lensa Fix

Kedua item ini bukan merupakan perlengkapan utama, namun jika kita membawanya maka ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Lensa wide dapat mengakomodir kita untuk mendapatkan foto dengan suasana pesta yang detail. Lensa fix membuat kita dapat mengambil gambar di tempat yang kurang cahaya dengan lebih baik dan memberi kita depth of field yang memukau.

5. Flash Speedlight

Penggunaan flash eksternal akan sangat membantu jika kita melakukan pengambilan gambar di temapt yang relatif gelap. Kebanyakan fotografer menggunakan flash untuk pengambilan foto wedding di malam hari, dengan bantuan flash kita juga dapat menghasilkan gambar dengan nuansa gelap dan samar.

6. Memory Card dan Baterai

Selalu bawa memory card dan baterai yang lebih banyak dari yang kita butuhkan. Biasanya kita akan membutuhkan ruang simpan memory sebesar 50-60 GB dan menggunakan dua set baterai untuk baterai dan flash. Jangan lupa pastikan baterai terisi penuh saat kita bawa.

7. Tripod dan Light Stand

Tripod membantu kita untuk mengabadikan moment foto dengan slow shutter dan menjaga kesetabilan gambar. Light stand sangat membantu untuk menempatkan flash external dan mempermudah kita dalam mengatur posisi pencahayaan.

8. Flash Diffuser

Penggunaan diffuser di flash eksternal akan membantu untuk menyebarkan cahaya dan membuat gambar lebih soft, jika kita tidak punya cukup waktu untuk mengatur pencahayaan.

9. Tas Kamera

Kita pasti akan membutuhkan tempat untuk menyimpan semua perlengkapan yang kita bawa.

10.  Umbrella dan Strobist

Jika kita membutuhkan power cahaya yang lebih kuat dari flash speedlight. Untuk area objek foto yang luas dan kita membutuhkan cahaya lebih untuk mengambil gambar banyak orang maka umbrella dan strobist layak kita masukan dalam list.

11. Cleaning kit dan Lens Hood

Sangat mungkin lensa kamera kita akan menjadi kotor selama proses pemotretan dan hal tersebut meniggalkan noda pada hasil foto karena lensa yang tertutupi noda. Namun jika kita sudah menyiapkan cleaning kit maka kendala tersebut akan sangat mudah untuk diatasi. Sedangkan lens hood berguna untuk menjaga foto kita tetap soft dari cahaya berlebih yang masuk dari sisi samping lensa.

Nah, tentunya dengan beberapa tips untuk foto wedding di atas, kawan-kawan bisa mempersiapkan pemotretan wedding dengan cukup baik. Yang perlu dicatat dari jenis fotografi yang satu ini adalah harus dilakukan dengan benar-benar sempurna. Pasalnya, momen tersebut merupakan momen yang tidak bisa diulang. Sehingga, untuk dapat menghasilkan gambar yang sempurna fotografer juga harus jeli melihat momen terbaik. Nah, semoga ulasan mengeni tips untuk foto wedding ini dapat berguna bagi kawan-kawan.

Komentar 0

Komentar