Posted on : 07 Januari 2020 | keategori : PHOTOGRAPHY LEARNING | dibaca 303 kali

Toys Photography merupakan sebuah seni dalam fotografi dimana objek yang kita ambil bukanlah benda hidup namun sebuah mainan. Meskipun demikian, untuk memperoleh gambar yang bagus dalam fotografi mainan, kita (sebagai fotografer) ditantang untuk membuat mainan tersebut seolah-olah hidup. Hal inilah yang sangat menantang dan cukup menyulitkan karena membutuhkan imajanasi yang tingg.

Berukuran kurang lebih 3 cm hingga 5 cm dengan skala rata-rata 1:87 diabadikan dalam hasil foto yang mumpuni dengan konsep aktivitas yang tengah dilakukan oleh miniatur atau figur tersebut. Hasilnya sangat brilian, Miniatur ini seolah-olah benar-benar dalam keadaan menjalani aktivitasnya. Kita pasti akan terkesima melihat hasilnya, bahkan tidak akan mungkin kita tidak tersenyum melihat hasil-hasil foto yang ajaib ini.

Fauzie Helmi (salah satu praktisi fotografi mainan) mengungkapkan bahwa fotografi mainan merupakan seni yang memiliki proses yang sangat menyenangkan dan unik bila dilakukan dengan sepenuh hati.” Hal ini berarti bahwa hanya dengan pelatihan yang sungguh-sungguh dan didukung dengan imajinasi yang kuat maka seseorang bisa menghasilkan karya fotografi mainan yang keren dan menakjubka.

Miniatur yang menjadi obyek foto ini tidak sembarangan didapatkan, karena saat ini kebanyakan dari mereka merupakan merek dari pabrikan asal luar negeri. Sebut saja, Noch, Preiser, Woodland Scenics, Faller, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri belum ada pabrik yang memproduksi mainan super kecil dengan karakter yang berbeda-beda. Preiser menjadi salah satu yang menjadi primadona untuk digunakan oleh kalangan praktisi fotografi miniatur ini.

Berikut adalah beberapa Tips untuk menciptakan fotografi mainan yang keren dan hidup :

LENSA MAKRO

Lensa makro memiliki fungsi untuk membuat gambar yang kecil menjadi besar. Hal ini sangat membantu dalam fotografi mainan, dimana anda harus membuatnya nampak seperti benda hidup. Namun, jika anda tidak memiliki lensa makro karena masalah budget, maka janganlah berkecil hati karena lensa kit juga bisa menolong anda sekalipun lensa makro merupakan pilihan yang cukup baik untuk fotografi mainan.

Dalam fotografi mainan, ketika anda hanya bisa menggunakan lensa kit, maka untuk membuat gambar mainan anda terlihat besar dan hidup, maka salah satu cara yang perlu anda gunakan adalah dengan berada dekat kepada objek anda agar bisa memenuhi frame foto. Selain itu, anda juga bisa berkreasi dengan menempatkan mainan anda dalam model bangunan miniature atau sebuah rumah boneka.

MEMBERSIHKAN MAINAN

Dalam fotografi mainan, adalah lebih bagus untuk membersihkan mainan yang hendak anda jadikan objek terlebih dahulu, sebelum anda mulai memotret. Kenapa? Karena mata anda tidak akan menyadari partikel debu yang lengket pada tangan dan kamera anda sampai anda melihatnya lewat layar komputer. Jadi, untuk memperoleh hasil yang baik, maka bersihkanlah mainan anda.

LATAR BELAKANG

Gunakanlah latar belakang yang cocok dengan mainan anda dan jangan terlalu over (norak). Setiap jenis fotografi tentunya dilengkapi dengan latar belakang (backround) untuk membuatnya tampak lebih bagus dan keren. Sebab itu, perhatikanlah latar belakang yang dibuat untuk foto mainan anda, karena hal itu akan sangat bermanfaat buat foto mainan anda. Sebagai contoh: Jika anda mengambil gambar mainan motor warna biru, maka sesuaikanlah latar anda dengan warna mainan motor.

MEMOTRET DALAM PIKIRAN

Dalam fotografi mainan, kita ditantang untuk membuat mainan yang merupakan benda mati seolah-olah menjadi hidup. Itulah sebabnya, penting untuk memiliki konsep yang jelas maupun imajinasi yang tinggi mengenai apa yang hendak dibuat. Misalnya, kondisi cahaya seperti apa yang hendak saya gunakan; bagaimana cara saya memotretnya; dan komposisinya harus seperti apa. Ingat, tanpa konsep yang jelas maka sangat sulit untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

PENCAHAYAAN

Semakin baik pencahayaan pada objek mainan anda, maka semakin jelaslah gambar yang anda dapatkan. Jika memungkinkan, ambilah gambar diluar ruangan atau nyalakan lampu saat hendak melakukan pengambilan gambar di dalam ruangan. Jika anda menyalakan lampu kamar untuk memberi cahaya tambahan, waspadalah, karena cahaya yang berlebihan bisa menyilaukan foto anda. Jika hal itu terjadi, pertimbangkanlah untuk bereksperimen dengan white balance dalam memanipulasi jumlah cahaya yang muncul pada foto anda.

SUDUT PANDANG

Sebelum anda mulai memotret, luangkan waktu untuk memikirkan tentang posisi anda hendak mengambil gambar. Maksimalkan penggunaan sudut pandang secara menarik dan jangan selalu mengambil gambar dari bagian depan subjek anda. Ingat, sudut pandang memiliki dampak yang besar terhadap komposisi foto anda, karena itu manfaatkan dengan sebaik mungkin. Jangan hanya sekedar memotret dari bagian depan subjek terus-menerus melainkan cobalah dengan cara yang bervariasi, misalnya, memotret dari bagian atas, bagian bawah, sebelah, belakang, seluruh foto, dan lain sebagainya.

POSISI KAMERA

Semakin bagus posisi kamera, maka semakin bagus foto kita. Tidak ada orang yang mau untuk melihat foto yang kabur. Itulah sebabnya, usahakan tangan anda agar tetap tenang selama proses pengambilan gambar. Dan jika memungkinkan, manfaatkanlah suatu benda yang lebih stabil sebagai sandaran tangan, misalnya dinding.

EDITING

Rapihkan hasil anda dengan photoshop atau aplikasi editing lainnya. Hal ini berarti bahwa tidak selamanya gambar yang diperoleh selalu bagus. Karena itu dibutuhkan proses editing untuk merapihkan gambar-gambar yang diperoleh selama pemotretan. Gunakanlah perangkat lunak photoshop atau yang lainnya untuk menolong anda dalam proses editing paskah pemotretan.

Demikianlah artikel mengenai fotografi mainan. Kiranya ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

Komentar 0

Komentar