Posted on : 06 Januari 2020 | keategori : PHOTOGRAPHY LEARNING | dibaca 243 kali

Product photos atau foto produk adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan saat berjualan di Internet. Bagi kamu yang menjalankan bisnis online shop (toko online), kamu perlu mempelajari fotografi produk untuk menghasilkan foto produk yang dapat membuat orang tertarik membelinya.

Jangan anggap remeh foto produk yang anda jual. Tidak  asal menjepret, lalu mengunggahnya di website toko online dan akun media sosial toko online anda, tapi perhatikan baik-baik cara memotretnya. Jika anda masih belum menguasai teknik fotografi produk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda memotret produk untuk toko online.

Dalam bidang fotografi, melakukan product photos shot bisa saja sangat sulit atau bahkan mengintimidasi, karena untuk menghasilkan foto produk yang bagus, harganya mahal. Itulah sebabnya, ada puluhan/ratusan alat pemotretan yang tersedia untuk membantu dalam menyelesaikan pekerjaan anda. Sebagai pemilik usaha yang hanya bergantung pada perusahaan lain dan perusahaan kecil yang hanya mendapatkan penghasilan dari usahanya sehari-hari, maka sudah pasti bahwa tidak selamanya uang akan selalu ada.

Berikut beberapa tips fotografi untuk menghasilkan foto produk terbaik:

KAMERA

Usahakan untuk menggunakan kamera yang berkualitas seperti DSLR atau mirrorless yang bagus. Namun jika dana terbatas, memakai kamera ponsel juga tidak masalah, asalkan gambarnya tidak blur dan detail produk bisa terlihat dengan baik.

Sekarang ini, pengguna kamera DSLR (digital single lens reflex) semakin bertambah setiap tahunnya. Jadi jika anda berencana untuk melakukan pemotretan dalam jumlah yang banyak, maka sangat disarankan untuk berinvestasi dalam kamera digital yang baik. Pilihan anda tentang kamera yang hendak digunakan dapat memberikan efek yang signifikan terhadap hasil akhir dari foto produk anda. Karena itu, hati-hatilah dalam menentukan kamera apa yang hendak anda beli. Jika hal itu (membeli kamera yang berkualitas bagus) tidak ada dalam daftar anggaran belanja anda sekarang, maka gunakanlah iphone. Aplikasi gratis seperti VSCO Cam akan membantu anda mendapatkan beberapa gambar yang bagus dari kamera smartphone anda. Gambar yang bagus khususnya akan muncul/terlihat dalam situs seperti Instagram, Facebook, Pinterest, dan lain sebagainya.

Jika Anda menggunakan kamera DSLR, maka berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda menarik gear anda secara bersamaan: (1) Jangan menggunakan lensa sudut yang lebar karena akan membuat produk anda berada dalam posisi terbalik. (2) Gunakan aperture yang tepat untuk menghasilkan foto yang bagus. Aperture yang lebar seperti pada posisi f2.8 atau f4.5 akan mempersempit luas pandangan anda dalam mengambil gambar sehingga meninggalkan beberapa bagian produk. Tapi aperture yang kecil seperti pada posisi f8 atau f11 akan memberikan pandangan yang lebih luas bagi anda dalam mengambil gambar serta menjaga seluruh area pemotretan anda untuk tetap berada dalam titik fokus. (3) Gunakan white balance (komposisi warna) yang benar. Saat hendak mengambil gambar, pastikan bahwa warna yang ditampilkan dalam bola lampu anda sesuai dengan foto produk anda.

SUMBER CAHAYA

Rahasia utama fotografi yang baik ialah pencahayaan. Sumber cahaya sangat mempengaruhi hasil foto. Cahaya yang terlalu terang atau pun terlalu gelap akan mengaburkan warna dan detail produk. Tanpa sumber cahaya yang baik, sebagus apapun subjek dan lokasi foto, maka hasilnya tidak akan maksimal. Kamu bisa menggunakan sumber cahaya dari matahari atau lampu. Namun, pastikan cahayanya tidak berlebihan, karena dapat menghasilkan foto dengan kontras yang kuat dan highlight yang sangat terang

Cahaya alami yang diperoleh secara langsung dari sinar matahari memberikan efek yang baik untuk semua jenis foto jika dimanfaatkan dengan baik dan benar. Pada umumnya, mengambil foto di sore hari akan memberikan hasil terbaik, karena mengambil gambar bukan hanya mengenai jumlah cahaya yang diperoleh tapi juga keseragaman dalam menyalurkan cahaya tersebut.  Dalam pengertiannya, cahaya dapat dibagi dalam 2 bagian, yaitu: Hard shadow dan Soft shadow. (1) Hard shadow dibuat ketika ukuran sumber cahaya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran subjek. Sebaliknya, (2) Soft shadow dibuat ketika ukuran sumber cahaya lebih besar dari subjek. Jadi jika anda bertujuan untuk menggunakan Soft shadow maka pergilah keluar ruangan. Pilihan anda menentukan kualitas foto produk anda. Karena itu hati-hatilah dalam memilih cahaya yang hendak anda gunakan.

LATAR & PENCAHAYAAN

Saat mengatur lokasi pemotretan anda, mulailah dengan mencari tahu jenis latar belakang dan pencahayaan seperti apa yang anda butuhkan untuk foto produk anda. Misalnya, cara menyiapkan lampu buat sebotol anggur benar-benar berbeda dari cara mengatur lampu untuk sebuah telepon genggam. Terkadang latar belakang putih atau hitam tidak memberikan tampilan terbaik untuk foto produk anda, terutama untuk produk-produk yang perlu ditampilkan dalam kehidupan seseorang. Misalnya, tas bisa dengan mudah difoto dengan latar belakang putih bersih, tetapi anda mungkin juga ingin untuk menunjukkan seorang wanita yang mengenakan tas untuk memberikan konteks yang tepat; Mengambil foto seperti kacamata baik didalam dan diluar hemparan sinar matahari; Mengambil gambar jam tangan baik itu dikenakan atau tidak. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk tertarik pada foto produk yang kita promosi/jual serta dapat meningkatkan kepercayaan mereka (pelanggan) untuk membeli barang yang belum pernah mereka lihat secara langsung.

SUDUT PENGAMBILAN GAMBAR

Angle foto atau sudut pengambilan gambar mempengaruhi tampilan produk di mata calon pembeli. Tentunya, sudut pengambilan foto yang pas untuk setiap produk bisa berbeda-beda. Misalnya, produk baju lebih baik difoto dari depan, sedangkan produk makanan lebih baik dari atas. Selain itu, jika perlu, kamu bisa mengambil beberapa foto dari berbagai angle untuk menunjukkan detail penampakan produk dari berbagai sisi.

aat anda mengambil gambar, cobalah gunakan sudut yang berbeda-beda satu sama lain. Bermain-mainlah dengan setiap sudut yang ada pada tempat pemotretan anda sambil memperhatikan hal-hal unik yang ada disekitar anda, karena anda tidak pernah tahu sudut seperti apa yang akan nampak pada pandangan anda yang memberikan tampilan foto anda menarik untuk dilihat. Jangan lupa untuk menampilkan ukuran produk anda secara akurat dengan bentuk dan kualitas foto yang jelas untuk memastikan penjualan laris dan pelanggan puas.

PENGATURAN

Meluangkan waktu yang lebih untuk mempersiapkan pengaturan pencahayaan anda sebelum memulai sesi pemotretan adalah penting. Karena pencahayaan yang pas memberikan efek yang sempurna buat foto produk anda. Ingatlah ukuran dan kebutuhan dari masing-masing produk dan jadikan hal itu sebagai dasar/standar untuk setiap pemotretan anda. Misalnya, jika anda memiliki perhiasan yang banyak untuk difoto, maka pengaturan yang lebih kecil digunakan dan floating technique mungkin merupakan salah satu cara terbaik dan yang tersedia untuk gambar perhiasan anda, misalnya anting-anting, cincin, dll.

Saat melakukan foto produk, adalah penting untuk membuat diagram dalam menunjukkan bagaimana anda telah selesai mengatur segala sesuatu yang anda perlukan. Misalnya, mengukur jarak antara cahaya dan produk foto anda; jarak antara kamera dan produk foto anda; serta penetapan sudut-sudut lampu dan ketinggian lampu yang diarahkan pada produk foto anda. Catatan atau diagram yang baik akan membuat sesi pemotretan menjadi lebih mudah.

EDITING

Untuk menyempurnakan foto produk, dilakukan proses pengeditan menggunakan program aplikasi edit foto. Usahakan foto produk terlihat natural meski telah diedit. Adobe photoshop merupakan salah satu perangkat lunak yang bisa anda gunakan dalam proses pemeriksaan. Adobe photoshop merupakan perangkat yang bagus, tapi tidaklah murah. Jika Anda tidak memiliki akses ke adobe photoshop, maka ada banyak pilihan bebas lainnya yang dapat anda gunakan. Misalnya, pixlr dditor. Pixlr editor adalah perangkat yang kualitasnya hampir sama dengan photoshop dan itu adalah sebuah aplikasi berbasis web gratis. Disamping itu juga, anda dapat menggunakan image editor aviary langsung pada editor wix sehingga membuat foto anda benar-benar bersinar.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghasilkan foto produk yang bagus, Ingatlah bahwa segala sesuatu membutuhkan proses. Sekalipun sulit untuk memulainya, teruslah jalani. Jangan mudah menyerah dan tetaplah berusaha, maka anda akan melihat kualitas fotografi anda meningkat serta foto-foto yang anda hasilkan sesuai dengan keinginana anda. Demikianlah artikel yang bisa kami sediakan. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

 

Komentar 0

Komentar