Posted on : 28 Oktober 2019 | keategori : VIOLET EYES PHOTOGRAPHY | dibaca 381 kali

Candid pasti adalah kata yang cukup familiar di telinga Anda namun sayangnya kata dalam bahasa asing ini banyak yang salah mengerti artinya. Candid adalah salah satu kata yang memiliki pergeseran makna dan kini memiliki konteks yang berbeda dari arti yang sebenarnya. Dalam konteks sekarang, arti kata candid dipadankan dengan “sembunyi”. Bisa jadi pergeseran maknanya dimulai sejak populernya acara televisi berjudul “Candid Camera” di mana reaksi-reaksi orang yang dikerjai bisa terekam dari kamera yang tersembunyi. Namun arti kata candid yang sebenarnya bukanlah sembunyi. Secara bahasa, candid merupakan kata sifat yang ekuivalen dengan jujur, tulus, bebas dari pandangan yang bias. Kata candid diambil dari Bahasa Latin yaitu “candidus” yang berarti “putih” dan mengalami perluasan makna “murni”.

Foto candid adalah foto yang diambil tanpa menciptakan penampilan yang diinginkan. Hal ini ditandai dengan pengambilan gambar tanpa disadari objek sehingga tidak ada persiapan yang dilakukan sebelum pemotretan dan tidak ada gangguan saat proses pengambilan gambar dan tidak ada kejelasan pose. Dalam foto candid ini ada terkait pada izin objek yang diambil gambarnya tanpa sepengetahuan, maka dalam fotografi candid dikenal dengan fotografi rahasia yang biasanya digunakan penutup dan fotografi umum yang tidak menggunakan penutup. foto candid biasanya disebut juga dengan paparazi karena sistem fotonya yang diam-diam atau tidak diketahui objek.

Seorang fotografer harus bisa mengembangkan kemampuan untuk memerhatikan dan mengamati. Jika ingin mendapatkan gambar yang bagus, fokuskan pada objek yang diamati. Mengambil gambar candid  bisa jadi sulit karena objek yang diamati kemungkinan sadar dengan apa yang akan kita lakukan sehingga mereka terganggu. Jika ingin mendapatkan gambar yang baik, fokuslah pada sesuatu selain objek yang ingin kita ambil. Tujuannya agar objek yang akan diambil tidak terganggu dan lupa akan kita yang sedang mengincar gambar objek. Dalam kondisi tersebut, objek akan lebih cenderung untuk bertindak alami sehingga kita akan mendapatkan gambar candid dengan baik.

Dibawah ini beberapa tips dalam pemotretan foto candid :

1. Tidak Boleh menggunakan Flash

karena foto candid bersifat rahasia , jadi apabila menggukan flash , pasti ketauan. sebagai gantinya untuk membuat terang bisa melebarkan aperture atau memperlambat ISO.

2.  Sering Membawa Kamera

Untuk melatih mental sang fotografer dalam memotret foto candid, sering-seringlah membawa kamera , agar tidak nge-down saat memotret.

3.  Sabar

Hal ini merupakan bagian penting dalam memotret foto candid , karena untuk mendapatkan moment, adegan ataupun gerakan yang sempurna untuk memotret.

4.  Gunakan Lensa Tele

Lensa tele digunakan untuk memotret foto candid dari jarak jauh.

5.  Adanya Konteks Tambahan

Apabila memoret candid hanya pada satu objek saja , itu terlihat “lurus - lurus saja” , maka gunakan angle dan lingkungan sekitar untuk memperindah foto.

6.  Siap dalam Segala Moment

Seorang fotografer candid , harus selalu siap terhadap semua moment atau raut wajah yang bisa saja berubah dan terjadi kapanpun.

7.  Selalu Gerak untuk mendapatkan Posisi yang Tepat

karena foto candid bersifat secreat dan natural , fotografer tidak dapat mengarahkan model atau objek ,jadi fotografer harus berpindah-pindah tempat untuk mendapatkan foto yang diinginkan.

8.  Memakai mode Brush

Karena model atau objek tidak mengetahui bahwa dia sedang dipotret dan dia juga bisa berpindah - pindah atau tindakannya berubah - ubah , maka fotografer candid menggunakan mode brush supaya mendapat gambar yang bagus.

Komentar 0

Komentar