Posted on : 31 Agustus 2019 | keategori : PREWEDDING PHOTOGRAPHY | dibaca 48 kali

Foto prewedding telah membantu membentuk fotografi secara umumnya di Indonesia. Sejak munculnya kamera digital SLR, dan bersamaan dengan boomingnya foto prewedding di Asia, banyak fotografer dituntut untuk menekuni teknik fotografi prewedding dan menyajikannya kepada klien wedding mereka.

Prewedding di Indonesia adalah industri yang sangat penuh dengan peluang. Klien jama sekarang malah rela membayar lebih mahal lagi untuk sebuah pemotretan prewedding dibanding dengan liputan hari wedding nya sendiri. Perusahaan fotografi terkenal seperti Axioo, yang didirikan oleh David Soong, telah membuktikan bahwa klien rela membayar lebih dari Rp. 100 juta untuk pemotretan prewedding saja. Klien2 wedding mereka ingin mengabadikan foto prewedding mereka baik di dalam negeri dan sampai ke kota2 terkenal dunia lainnya seperti Paris dan Melbourne.

Inti dari prewedding adalah agar klien anda dapat memiliki foto yang merekap cinta mereka sebelum memasuki jenjang perkawinan. Biasanya, seorang wanita dan pria akan terlihat paling cantik dan ganteng sebelum pernikahan mereka. Setelah married, mereka akan lebih fokus untuk membangun sebuah keluarga, dan tidak terlalu peduli dengan penampilan. Foto2 prewedding juga sering digunakan untuk menghiasi repsepsi pernikahan mereka, dan juga digunakan untuk mengumumkan (save -the-date) pernikahan mereka yang akan segera dirayakan.

Fenomena ini mendorong fotografer Indonesia untuk tekun mendalami seni fotografi ini. Berikut adalah beberapa persiapan yang dapat anda siapkan dalam sesi pemotretan prewedding anda berikutnya, agar foto prewedding anda akan lebih wow!

1. Paham dengan Lokasi Pemotretan

Saat melakukan foto prewedding outdoor, maka calon pengantin juga harus tahu dimana dan bagaimana akses lokasi pemotretan. Walaupun beberapa vendor fotografi pernikahan bertanggung jawab akan hal tersebut, Anda juga harus mengerti hal tersebut. Selain akses, cek juga ada fasilitas apa yang disediakan jika lokasi tersebut adalah area umum. Fasilitas yang bisa Anda cari tahu seperti tempat ganti baju, restoran, toilet, dll.

2. Baju Ganti

Siapkan baju ganti saat sesi foto prewedding. Bawa beberapa pasang baju selain baju atau dress untuk foto prewed. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti jika Anda butuh beberapa baju disana. Namun, jangan bawa baju terlalu banyak jika takut merepotkan diri atau orang lain.

3. Perlengkapan Darurat

Penting sekali untuk membawa perlengkapan darurat selama di luar ruang, terlebih lagi jika lokasi pemotretan jauh dari kota. Anda bisa siapkan perlengkapan seperti payung, kacamata, tisu, sunblock, peniti, penjepit atau kunciran rambut bagi wanita, sandal, dll. Perlengkapan ini bisa sangat membantu Anda terlebih jika tidak ada toko di sekitarnya.

4. Peralatan Makeup

Walaupun paket prewedding Anda sudah termasuk jasa makeup, tak ada salahnya untuk membawa peralatan makeup sendiri. Hal ini penting sekali jika ada beberapa makeup andalan yang harus digunakan.

5. Makanan Ringan

Selama diperjalanan atau setelah selesai sesi pemotretan, mungkin Anda butuh camilan untuk menunda lapar. Membawa makanan ringan juga bisa menjadi teman selama di perjalanan terlebih lagi lokasi pemotretan cukup jauh. Selain makanan ringan, bawa juga minuman dan roti untuk snack yang lebih berat.

6. Uang Lebih

Bawalah uang lebih untuk hal-hal yang tak terduga. Selain itu, uang ini juga bisa untuk tips bagi penjaga lokasi, tukang parkir, dll. Keperluan yang mendesak dan tak terduga bisa saja Anda alami saat di lokasi nanti, jadi siapkan uang receh dan lebih.

7. Siapkan Kondisi Fisik

Melakukan foto prewedding outdoor bisa menjadi hal yang melelahkan, terlebih lagi jika akses yang cukup terjal, atau cuaca yang kurang mendukung seperti terlalu panas atau angina yang kencang. Untuk itu, sebelum hari H pemotretan, siapkan fisik Anda dengan pola makan yang benar dan pola hidup sehat.

8. Jaga Mood

Mood itu penting sekali saat kita berpose didepan kamera. Jika mood Anda jelek maka hal tersebut akan terpancar dari ekspresi. Untuk itu, agar hasil foto prewedding outdoor Anda tampak saling mencintai sebaiknya jaga mood Anda dan pasangan.

9. Siap untuk Berpetualang

Jika konsep atau tema prewedding outdoor Anda berlokasi di alam yang unik dan luar biasa, maka siapkan diri untuk berpetualang. Kini, banyak orang memilih Pulau Komodo, NTT, Sumbawa sebagai lokasi foto prewedding outdoor karena memberikan kesan yang memukau khas Indonesia. Biasanya untuk mencapai lokasi terbaik Anda harus menempuh perjalanan yang tak biasa, jadi siapkan dirimu untuk berpetualang.

Komentar 0

Komentar